BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Pengertian
Secara garis besar hadits adalah sesuatu yang di identikkan
dengan perkataan yang berasal dari nabi Muhammad Saw. Sedangkan Da’wah adalah
penyebaran atau penyampaian ilmu pngetahuan yang di identikkan dengan
pengetahuan keagamaan, kemudian pengajaran adalah kata yang berasal dari
kata “ajar” yang mendapat imbuhan “pe” dan akhiran “an” yang mengartikan cara,
kode etik atau system ajar kepada audiens sehingga mengerti apa yang di
transferkan oleh pengajar.
Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hadits da’wah dan
pengajaran adalah penyampaian ilmu pengetahuan baik ilmu pengetahuan tentang
agama islam atau pengetahuan secara umum yang dilandaskan dengan sesuatu atau
perkataan yang berasal dari Rasulullah Saw.
Sedangkan yang melingkupi hadits tentang da’wah dan
pengajaran ini antara lain adalah cara pengajarannya, kode etik penyampaian,
dan strategi dalam pengajaran yang sesuai dengan hadits tercapai tujuan
pengajaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah ajaran yang telah di ajarkan dalam
islam.
1.2.
Ruang Lingkup
Makalah ini berisi tentang hadits yang melingkupi poin-poin
berikut :
a. Permintaan dakwah bagi kaum wanita
b. Nabi tidak pernah berbicara kasar
c. Mempermudah dan tidak mempersulit
d. Cara berdakwah mengajak secara berpaham
e. Wajah dan suara Nabi tatkala berkuthbah
Kemudian lengkap dengan terjemah hadits tersebut, dasar
tasyri’ atau hukum dari al-Qur’an, histori munculnya hadits tersebut yang kita
kenal dengan asbabul wurud yang di uraikan secara detail dengan
kesimpulan dan terlampir daftar pustaka yang di kutip sebagai bahan referensi
dalam pembentukan makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Peranan Wanita dalam mengubah
masyarakat
Sudah jelas bahwa kewajiban Muslimah
bukanlah hanya sebagai ibu (ummun) dan pengatur rumah tangga (rabbatul
bait). Namun Muslimah juga memiliki tanggung jawab lain yang hukumnya juga
adalah wajib yaitu turut aktif melakukan dakwah baik secara pribadi mahupun
bergerak dalam jemaah. Dengan kata lain.
Peranan utama wanita
muslimah adalah mengurus dan mendidik anak-anak. Dia mampu menjadi sumber yang
menghasilkan cendikiawan dan mujahid pembela Islam. Wanita yang berusaha
mempersiapkan anaknya menjadi pejuang Islam merupakan penyumbang besar dalam
proses perubahan masyarakat.
Peranan kedua ialah untuk membimbing sesama wanita. Walaupun
wanita memikul tanggung jawab yang besar dalam keluarga, namun beliau juga
pasti mampu untuk memikul tugas dakwahnya kerana Allah Yang Maha Mengetahui
tidak akan membebani hamba-Nya diluar kemampuan mereka. Perkara penting yang
harus difahami seorang muslimah ialah bagaimana caranya untuk memadukan seluruh
kewajipannya agar dapat dilaksanakan dengan sempurna.
Seorang muslimah itu mesti memiliki pemahaman yang jernih mengenai Islam. Dia wajib meyakini bahawa Islam adalah rahmatan lil ’alamin dengan tertegaknya seluruh hukum Islam dan tidak boleh meragui bahawa Islam wajib ditegakkan dalam kehidupan sebagai satu-satunya penyelesaian. Muslimah perlu menyedari bahawa tertegaknya Islam bergantung kepada perjuangan pemeluknya termasuklah kaum wanita yang jumlahnya separuh dari penduduk manusia. Seorang Muslimah perlu memahami bahawa beliau merupakan asas kepada tiang negara dan sebahagian dari ahli masyarakat. Masyarakat Islam tidak mungkin akan terbina dan Daulah Islam tidak akan tertegak jika wanitanya tidak memahami Islam, tidak mengamalkan Islam dalam kehidupan, tidak berdakwah ke jalan Islam, tidak melahirkan generasi pejuang Islam dan tidak menyokong suaminya yang berjuang menerapkan Islam.
Pemahaman tadi perlu digabungkan dengan gambaran yang jelas tentang apa yang mesti dilakukan supaya pemahaman itu tidak terhenti hanya sebagai satu pengetahuan tetapi ianya dipraktikkan dalam kehidupan. Seandainya perkara ini tidak diwujudkan, adalah tidak mustahil jika terdapat segolongan Muslimah yang merasa tertekan dengan beban dakwah yang dipikulnya, justeru menghadkan kewajipannya terhadap rumahtangga sahaja. Memang benar, tanggungjawab dakwah itu berat. Namun, alangkah beratnya siksaan di akhirat bagi mereka yang meninggalkan dakwah dan betapa besar malapetaka yang akan menimpa manusia seandainya kaum hawa sebagai ibu yang mendidik umat manusia, mengabaikan dakwah.
Muslimah yang memahami kewajipannya, akan saling bekerjasama dengan suami tercinta untuk bersungguh-sungguh mendidik anak-anak dan keluarganya dengan ajaran Islam yang sebenar sehingga melahirkan para pendukung perjuangan Islam. Mereka(wanita) juga akan turut berjuang bersama-sama Muslimah lainnya untuk membentuk para pendukung dakwah Islam dan seterusnya mewujudkan satu pandangan umum bahawasanya Daulah Islam wajib ditegakkan.
Dalam kesibukan aktiviti sehariannya sebagai pengatur rumah tangga, seorang muslimah itu masih mampu untuk mengubah pemahaman umat sekalipun sewaktu membeli-belah di pasar, menghantar anak ke sekolah ataupun sewaktu berbual-bual dengan jiran tetangga. Semua itu dilakukan dengan tujuan yang jelas, iaitu bagi membentuk pandangan umum tentang kewajipan menerapkan Syariat Islam di dalam kehidupan. Sekiranya tedapat peluang, samada secara tidak sengaja, ataupun sememangnya di rancang, seorang muslimah akan mengadakan program-program pembinaan pemikiran Islam di sekitar kawasan kediamannya. Beliau juga berperanan mengajak rakan-rakan Muslimah yang lain untuk menyertai program-program yang diadakan..
Peranan ketiga wanita adalah sebagai sayap kiri masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Islam bersama-sama golongan lelaki. Wanita mempunyai peranan yang sama dengan lelaki dalam usaha menegakkan Islam. Wanita adalah saudara lelaki. Begitulah ungkapan Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Sallam tentang wanita seperti yang diriwayatkan dalam Sahih Bukhari. Pernyataan seperti ini banyak ditemui dalam sirah dakwah Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi wa Sallam. Kaum muslimin tidak akan lupa bahawa orang yang pertama mengimani Muhammad ibnu Abdullah sebagai Nabi dan Rasul adalah seorang wanita yang dijadikan oleh Allah Subhanahu wa Taala sebagai isterinya, Saidatina Khadijah. Beliaulah yang membantu Rasullullah berdakwah, membelanya, mengeluarkan harta bendanya bagi dakwah dan sangat mencintai suaminya di saat ramai orang memperlekehkan dan membencinya. Beliaulah yang berada di sisi Rasullullah dan menyokong dakwah Nabi dengan setia tanpa henti sehingga akhir hayatnya tiga tahun sebelum hijrah. Suatu ketika Nabi mengenang wanita yang sangat dicintainya : ”Demi Allah, tiada ganti yang lebih baik dari dia, yang beriman ketika semua orang ingkar, yang percaya kepadaku ketika semua pihak mendustakan, yang mengorbankan hartanya ketika semua berusaha mempertahankannya dan daripadanyalah aku mendapat keturunan”. Inilah srikandi muslimah pertama.
Di Mekah dan Madinah bukan hanya kaum lelaki yang berdakwah tetapi juga wanita. Saudah binti Zam’ah, setelah memeluk Islam, dia segera mendakwahi keluarganya sehinggakan suaminya memeluk Islam. Keduanya saling menyokong untuk berhijrah ke Habsyah dan sehinggakan demi dakwah, suaminya menghembuskan nafas terakhir di negeri Najasyi itu. Akhirnya, sekembalinya ke Mekah Allah Subhanahu wa Taala menetapkannya sebagai isteri NabiSallallahu Alaihi wa Sallam.
Ummu ’Ammar (isteri Yasir, ibunya ’Ammar bin Yasir) adalah orang pertama yang terbunuh fi sabilillah demi Islam dan kemudian diikuti oleh suaminya. Demikian pula Fatimah binti Al Khathab yang ditemani oleh suaminya untuk berbincang dengan abangnya, Umar bin Al Khathab yang berakhir dengan pengislaman Umar.
Sewaktu pasukan Nabi menuju ke Khaibar, Ummu Sinaan menghadap baginda Sallallahu Alaihi wa Sallam meminta untuk turut serta dalam pasukan bagi tugas menjaga keperluan minuman, merawat orang sakit dan luka serta mengurusi bekalan makanan. Permintaan tersebut dipersetujui oleh Rasulullah dengan mengatakan : ”Pergilah dengan mendapat rahmat dari Allah”.
Peranan keempat wanita dalam mengubah masyarakat adalah berkecimpung dalam politik. Terdapat banyak contoh peranan wanita muslimah ketika zaman Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Sallam dalam bidang yang berisiko tinggi. Asma binti Abu Bakar bertugas menghantar makanan untuk ayahnya (Abu Bakar) dan Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Sallam yang sedang bersembunyi di Gua Tsur dalam perjalanan hijrah ke Madinah. Tugas ini sangat berbahaya, kerana apabila orang Quraisy mengetahui tindakannya, bukan hanya dia yang akan mendapat kesusahan tetapi nyawa ayahnya dan Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Sallam akan terancam. Asma’ merupakan seorang yang cerdik, dia berjalan menuju ke bukit itu sambil mengembala kambing. Beliau berjalan di depan dan kambing-kambingnya berjalan di belakang. Akhirnya, Rasullullah dan Abu Bakar berjaya memboloskan diri menuju ke Madinah untuk terus menegakkan Islam oleh negara di Madinah.
Peranan politik lain bagi wanita adalah memuhasabah(menasihati) penguasa. Tidak hanya bagi lelaki, wanita juga diperintahkan untuk menasihati pemimpin. Rasulullah bersabda, ”Agama itu nasihat”. Ditanyakan ’Kepada siapa ya Rasulullah?’ Beliau menjawab : ”Kepada Allah, Rasulnya, para pemimpin kaum Muslim dan rakyat mereka”. [HR Bukhari].
Diriwayatkan semasa pemerintahan Khalifah Umar, seorang wanita memuhasabah dasarnya (polisinya) iaitu melarang wanita meminta mahar (mas kahwin) yang tinggi dan bagi yang telah mendapat mahar yang tinggi harus mengembalikannya. Hujah wanita itu, dasar tersebut bertentangan dengan firman Allah Subhanahu wa Taala :
”Dan jika kamu ingin mengganti isterimu dengan isteri yang lain, sedangkan kamu telah memberikan kepada seseorang di antara mereka harta yang banyak, maka janganlah kamu mengambil kembali daripadanya barang sedikitpun” [TMQ An Nisa:20]
Khalifah Umar pun terus menukar arahannya dengan mengatakan : ”Benar, perkataaan wanita itu!”
Selain dari itu, aktiviti politik wanita juga adalah melibatkan diri dalam parti politik sebagaimana yang telah disebut dalam Al Quran, Allah Subhanahu wa Taala memerintahkan lelaki dan wanita untuk melibatkan diri dalam parti politik. Firman-Nya :
”Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada Islam, mengajak melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Mereka itulah orang-orang yang beruntung” [TMQ Ali Imran:104]
Wanita dalam parti politik boleh sahaja menasihati pemimpin namun aktivitinya yang lebih utama adalah membina kesedaran politik kaum wanita. Wanita merupakan tiang negara, jika wanita tiada kesedaran dan pemikiran politik maka negara akan lemah. Sebaliknya jika wanita memiliki kesedaran politik yang tinggi maka negara pasti akan berdiri teguh.
Jelas sekali, betapa kaum wanita sepatutnya menjadi srikandi muslimah seperti para Sahabiyah. Sudah tiba masanya wanita menolak kaum hawa direndahkan atau merendahkan diri sebagai pemuas nafsu, penghibur dengan lenggok yang mengghairahkan, mengeksploitasi kecantikannya dan mengabaikan kehidupan masyarakat yang ahli-ahlinya telah wanita lahirkan dengan penuh kepayahan dan kesakitan.
Wanita sepatutnya menyedari waktu yang dimilikinya hanya dua puluh empat jam sehari sedangkan kewajipan yang mesti ditunaikan semakin menggunung. Oleh kerana itu, mereka amat menghargai waktu. Tidak mungkin baginya untuk melakukan aktiviti yang mubah (harus) apatah lagi aktiviti yang sia-sia seperti menonton drama, telenovela, berbual kosong dan sebagainya. Mereka sentiasa terikat dengan hukum syara’ baik dalam perbuatan mahupun perkataan. Halal dan haram menjadi panduan dan mengutamakan kewajipan. Bibirnya sentiasa basah dengan zikrullah yang memuji Allah Subhanahu wa Taala. Sejadah sentiasa terhampar untuk bersujud dan rumahnya selalu dipenuhi dengan bacaan Al-Quran beserta kajian isinya. Dia tidak takut dengan celaan dan ancaman sesiapapun yang membenci Islam kerana janji Allah Subhanahu wa Taala sentiasa tersemat di hati dan menjadi pendorong kepadanya. ”Dia yang Maha Perkasa akan menolong mereka yang menolong agamanya” [TMQ Muhammad:7]. Tegaknya Islam di muka bumi ini menjadi cita-citanya dan redha Allah merupakan harapannya. Ringkasnya, wanita Islam merupakan wanita yang melakukan ttugas dan tanggungjawab berkaitan hal-hal ibadah, urusan keluarga, sosial, ekonomi dan politik.
B. Nabi Tidak Pernah Berbicara Kasar
Setiap
gerak-gerik dan ucapan manusia selalu tidak lepas dari pengawasan
Allah dan dicatat oleh malaikat Raqib dan ‘Atid,
firman Allah :
“ Sesungguhnya Tuhanmu
benar-benar mengawasi”. (QS. Al Fajr 89:14).
Karena selalu diawasi,
bagaimanakah manusia menjaga lisan itu sesuai dengan fitrahnya ?
1. Selalu berkata yang
baik.
Selalu
berkata yang baik harus menjadi sikap hidup bagi orang yang beriman. Dari Abu
Hurairah t Rasulullah bersabda:
مَنْ
كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْلِيَصْمُتْ
“ Barang
siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka hendaklah ia berkata baik
atau diam”. (Bukhari
dan Muslim).
Menurut
Imam Syafi’i apabila seseorang hendak berbicara pikirkanlah sebelumnya,
seandainya sudah jelas kemashlahatannya maka ucapkanlah namun apabila ragu
dengan perkataannya itu jangan disampaikan hingga jelas kemashlahatannya.
2. Tidak berdusta.
Para
ahli bahasa telah bersepakat bahwa dusta atau bohong ialah menyampaikan
informasi (laporan, data, pertanggung jawaban) yang tidak sesuai dengan yang
sebenarnya. Firman Allah :
” Amat besar kebencian
disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu katakan”. (QS Ash.
Shaff 61:3).
Rasulullah
bersabda:
أَرْبَعٌ
مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا, وَمَنْ كَانَ فِيْهِ خَصْلَةٌ
مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ الّنِفَاقِ حَتَّى يَدَعَهُنَّ:
إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ, وَإِذَا حَدَثَ كَذَبَ, وَإِذَاعَاهَدَ غَدَرَ, وَإِذَا
خَاصَمَ فَجَرَ ( متفق عليه )
Empat perkara apabila
ada pada diri seseorang, maka ia adalah seorang munafik tulen, dan barang siapa
yang ada dalam dirinya salah satunya, maka ia telah memiliki salah satu sifat
kemunafikan sampai ia meningalkannya : Apabila diberi kepercayaan ia
berkhianat, apabila berbicara ia bohong, apabila berjanji ia melanggarnya, dan
apabila berbantahan (bermusuhan ) ia berbuat fasik. (muttafaqun ‘alaih ).
3. Tidak menggunjing.
Firman Allah yang
artinya:
“ Dan janganlah
sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain”.(QS Al-hujarat
49:12).
Sedangkan yang dimaksud
dengan menggunjing ialah seperti yang disabdakan oleh Rasulullah :
اَلْغِيْبَةُ
ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ
“Ghibah ialah engkau
menyebut saudaramu tentang apa-apa yang tidak disenanginya”. (H.R
Muslim).
Menurut
An-Nawawi, bahwa yang dimaksud oleh hadits tersebut diatas ialah menyebut
kekurangan dan keburukan seseorang dalam hal dunianya, agamanya, akhlaknya,
istri dan anaknya, suaminya, hartanya, rumah tangganya, pakaiannya, gaya
jalannya, pembantu rumah tangganya, baik menyebut dengan lisan maupun dengan
bahasa isyarat kedipan mata, tangan dan sebagainya.
4. Tidak menghina
sesama muslim.
Sebagai
orang yang beriman kita tidak boleh menghina, mencela dan melaknat seseorang,
sebagaimana firman Allah I yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman
janganlah suatu kaum memperolok kaum yang lain, karena boleh jadi mereka (yang
diolok-olok) lebih baik dari mereka yang mengolok-olok, dan jangan pula
wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain, karena boleh jadi
wanita-wanita (yang diolok-olok itu) lebih baik dari wanita yang mengolok-olok,
dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil
dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah panggilan buruk sesudah
iman dan barang siapa tidak bertaubat maka mereka itulah orang-orang yang
zalim”.(QS 49
:11).
Adapun
yang dimaksud dengan mencela diri sendiri pada ayat di atas ialah mencela
sesama muslim. Sebab orang Islam itu bersaudara seperti satu badan, jadi
menghina seorang muslim berarti menghina diri sendiri. Sedangkan panggilan
buruk yang dimaksud ialah memanggil seseorang dengan panggilan/gelar yang tidak
ia sukai, seperti pangilan kepada seseorang yang sudah beriman dengan
kata-kata: Hai fasik, dan kata-kata sejenisnya.
5. Tidak berkata kotor.
Yaitu
perkataan yang tidak sopan, tidak pantas didengar dan jorok, hal tersebut bisa
mengakibatkan orang yang mendengarnya menjadi tersinggung dan sakit hati. Allah
I tidak menyukai orang yang berkata-kata kotor. Sabda Rasulullah :
إِنَّ
اللهَ لاَ يُحِبُّ الْفَاحِشَ الْمُتَفَحِّشَ
“ Sesungguhnya
Allah tidak suka kepada orang yang kotor perkataannya menyebabkan orang lain
berkata kotor pula”. (Lihat : Ibnu Hibban 5177, Mawaridu Al-Dzam’an 1566, Ahmad
6514, Kasyfu Al-Khafa 736, Hadits Hasan).
6. Menjauhi
pertengkaran dan perdebatan
Dalam
suatu riwayat, Nabi pernah mendatangi sahabat beliau yang sedang
berdebat, seraya beliau menegur dan melarang perbuatan itu, lalu beliau
bersabda :
مَنْ
تَرَكَ اْلكَذِبَ وَهُوَ بَاطِلٌ بُنِيَ لَهُ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ وَمَنْ تَرَكَ
الْمِرَاءَ وَهُوَ مُحِقٌّ بُنِيَ لَهُ فِي وَسَطِهَا وَمَنْ
حَسُنَ خُلُقُهُ بُنِيَ لَهُ فِي أَعْلاَهَا
“Barang siapa yang
meninggalkan dusta sedang dia dalam keadaan salah, dibangunkan )(oleh Allah) I
untuknya (sebuah rumah) dipinggir surga. Dan barang siapa meninggalkan
perdebatan sedangkan dia dalam keadaan benar, dibangunkan (oleh Allah) untuknya
dipertengahannya dan barangsiapa yang baik akhlaknya dibangunkan untuknya
(rumah) yang paling tinggi”. (H.R Tirmidzi dan berkata: Hadits
Hasan).
Apalagi pada masa kini, pertengkaran dan perdebatan
semakin meningkat dan banyak terjadi baik di pasar, di kantor, maupun di
perusahaan. Karena itu bagi orang-orang yang niat hidupnya untuk ibadah kepada
Allah , sudah tentu ia akan menghindari dan menjauhkannya baik dalam
keadaan bersalah ataupun benar.
C.
Memudahkan
Tidak Mempersulit
Di
antara metode yang menyejukkan yang ditempuh oleh Rasulullah dalam berdakwah
yaitu mempermudah tidak mempersulit serta meringankan tidak memberatkan begitu
melimpah nash al-quran maupun teks as-Sunnah yang memberikan isyarat bahwa
memudahkan itu lebih disukai Allah dari pada mempersulit.
Allah berfirman:
Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak
menghendaki kesukaran bagimu.(Q.S Al-Baqarah 2:185).
Allah juga berfirman:
Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan
manusia dijadikan bersifat lemah.(Q.S An-Nissa 4:28).
Allah tidak bermaksud menyulitkan kamu dan manusia
teapi dia hendak membersihkan kamu.(Q.S Al- Maidah 5:6).
Dalam
shohih Bukhori disebutkan ketika Rasulullah mengutus sahabatnya (untuk
berdakwah) bersabda:
يَسِّرُ
وا وَ لاَ تُعَسِّرُ وا وَ بَشِّرُوا وَ لَاتُنَفِرُوا
Mudahkan jangan kalian mempersulit berikan kabar
gembira jangan buat mereka lari.
Allah Berfirman:
''Dan tiadalah Kami mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk
(menjadi) rahmat bagi semesta alam.'' (QS Al-Anbiyaa : 107).
Rasulullah SAW adalah sebaik-baiknya teladan bagi umat
manusia. Dalam berdakwah, Rasul SAW senantiasa mengajak umatnya dengan cara
yang lembut, sopan, bijaksana, kasih sayang, dan penuh keteladan.
Sebab, sejatinya dakwah adalah menyeru dan mengajak umat manusia untuk menjadi lebih baik. Bukan menakut-nakuti mereka dengan berbagai ancaman. Dalam Alquran, Allah SWT memberikan tuntunan berdakwah dengan tiga cara, yakni bil hikmah, mau'izhah hasanah wa jaadilhum billati hiya ahsan. ''Ajaklah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah (bijaksana), pelajaran (nasihat) yang baik, dan cegahlah mereka dengan cara yang baik.'' (QS An-Nahl: 125).
Karena itu, Allah dan Rasul-Nya mengharamkan segala bentuk praktik kotor dengan mengatasnamakan dakwah. Misalnya, memanipulasi atau menjual ayat-ayat Allah demi keuntungan sesaat, mengeksploitasi potensi umat demi kepentingan pribadi atau melakukan pemaksaan dan tindakan anarkis atas nama agama.
Dalam berdakwah, Rasulullah SAW mendahulukan prinsip rahman (kasih sayang), karena beliau diutus ke muka bumi ini sebagai rahmat bagi semesta alam. (QS Al-Anbiyaa : 107). Sebab, dengan cara ini, metode dakwah lebih berjalan efektif untuk memberikan kesadaran umat.
Seorang pemuda pernah bertemu dan bertanya pada Rasul SAW. ''Ya Rasulullah, izinkan saya berzina.'' Rasul memandangi pemuda tersebut dengan penuh kasih sayang dan mengajaknya berdialog. ''Sukakah kamu bila itu terjadi pada ibumu?'' tanya Rasul. ''Tidak, demi Allah,'' jawab anak muda itu. ''Sukakah kamu bila itu terjadi pada saudara perempuanmu?'' tanya Rasul. ''Tidak, demi Allah.'' ''Sukakah kamu bila itu terjadi pada anak perempuanmu?.'' ''Tidak, demi Allah.'' Sukakah kamu bila itu terjadi pada istrimu?'' Anak muda itu menjawab, ''Tidak, Demi Allah.''
Rasulullah lalu berkata, ''Demikianlah halnya dengan semua perempuan, mereka itu berkedudukan sebagai ibu, saudara perempuan, istri, atau anak perempuan.'' Kemudian beliau meletakkan telapak tangannya di dada pemuda itu, lalu mendoakannya.
Sebab, sejatinya dakwah adalah menyeru dan mengajak umat manusia untuk menjadi lebih baik. Bukan menakut-nakuti mereka dengan berbagai ancaman. Dalam Alquran, Allah SWT memberikan tuntunan berdakwah dengan tiga cara, yakni bil hikmah, mau'izhah hasanah wa jaadilhum billati hiya ahsan. ''Ajaklah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah (bijaksana), pelajaran (nasihat) yang baik, dan cegahlah mereka dengan cara yang baik.'' (QS An-Nahl: 125).
Karena itu, Allah dan Rasul-Nya mengharamkan segala bentuk praktik kotor dengan mengatasnamakan dakwah. Misalnya, memanipulasi atau menjual ayat-ayat Allah demi keuntungan sesaat, mengeksploitasi potensi umat demi kepentingan pribadi atau melakukan pemaksaan dan tindakan anarkis atas nama agama.
Dalam berdakwah, Rasulullah SAW mendahulukan prinsip rahman (kasih sayang), karena beliau diutus ke muka bumi ini sebagai rahmat bagi semesta alam. (QS Al-Anbiyaa : 107). Sebab, dengan cara ini, metode dakwah lebih berjalan efektif untuk memberikan kesadaran umat.
Seorang pemuda pernah bertemu dan bertanya pada Rasul SAW. ''Ya Rasulullah, izinkan saya berzina.'' Rasul memandangi pemuda tersebut dengan penuh kasih sayang dan mengajaknya berdialog. ''Sukakah kamu bila itu terjadi pada ibumu?'' tanya Rasul. ''Tidak, demi Allah,'' jawab anak muda itu. ''Sukakah kamu bila itu terjadi pada saudara perempuanmu?'' tanya Rasul. ''Tidak, demi Allah.'' ''Sukakah kamu bila itu terjadi pada anak perempuanmu?.'' ''Tidak, demi Allah.'' Sukakah kamu bila itu terjadi pada istrimu?'' Anak muda itu menjawab, ''Tidak, Demi Allah.''
Rasulullah lalu berkata, ''Demikianlah halnya dengan semua perempuan, mereka itu berkedudukan sebagai ibu, saudara perempuan, istri, atau anak perempuan.'' Kemudian beliau meletakkan telapak tangannya di dada pemuda itu, lalu mendoakannya.
Alangkah indahnya teladan Rasulullah SAW. Begitu lembut
dan penuh dengan kasih sayang. Nasihatnya tak menyakitkan si pendengarnya,
bahkan menyadari kekeliruan yang dibuatnya. Dan si pendengar tidak menganggap
nasihat itu sebagai sebuah larangan, melainkan contoh yang akan terjadi
terhadap dirinya dan keluarganya.
D.
Cara berdakwah mengajak secara
berpaham
Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai rasul dan nabi yang terakhir untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya, dari kekafiran kepada iman, dari kesyirikan kepada tauhid, dari neraka kepada surga. Beliau telah menyampaikan risalah yang mulia ini secara sempurna kepada umatnya, yakni para Sahabatnya radhiyallahu ‘anhum pada waktu itu. Para Sahabat radhiyallahu ‘anhum mengorbankan jiwa dan harta mereka untuk mendukung dan mengamalkan seluruh ajaran yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dengan demikian, mereka pun layak untuk menggapai kemuliaan Islam dan menjadi generasi yang terbaik dari umat ini. Allah berfirman:
Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai rasul dan nabi yang terakhir untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya, dari kekafiran kepada iman, dari kesyirikan kepada tauhid, dari neraka kepada surga. Beliau telah menyampaikan risalah yang mulia ini secara sempurna kepada umatnya, yakni para Sahabatnya radhiyallahu ‘anhum pada waktu itu. Para Sahabat radhiyallahu ‘anhum mengorbankan jiwa dan harta mereka untuk mendukung dan mengamalkan seluruh ajaran yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dengan demikian, mereka pun layak untuk menggapai kemuliaan Islam dan menjadi generasi yang terbaik dari umat ini. Allah berfirman:
“Kalian adalah sebaik-baik umat yang dilahirkan untuk
manusia. Kalian menyuruh kepada yang ma’ruf, melarang dari yang mungkar, dan
beriman kepada Allah…” (Ali Imran: 110)
Sesungguhnya Dakwah Salafiyyah
merupakan seruan yang mengajak seluruh manusia kembali kepada Kitabullah dan
Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan pemahaman para Salaf yang
baik dalam segala aspek, baik dari segi aqidah, manhaj, ibadah, mu’amalah,
akhlak, adab, dan lain sebagainya. Alasan inilah, yang membuat setiap muslim
tidak perlu ragu terhadap kebenaran Dakwah yang agung ini. Dakwah ini
berasaskan Al-Qur’an sebagai kalamullah yang tidak diragukan lagi kebenarannya,
As-Sunnah yang diambil dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang tidak
pernah berbicara dengan hawa nafsu melainkan dengan wahyu dari Allah, serta
pemahamam para Sahabat yang kesepakatan mereka adalah ma’shum (terpelihara dari
dosa dan kesalahan).
Oleh karena itu, barangsiapa yang meragukan kebenaran Dakwah Salafiyyah, berarti dia meragukan kebenaran Al-Qur’an dan As-Sunnah, serta menganggap para Sahabat yang mulia telah bersepakat di atas kebatilan. Alangkah celaka orang-orang yang meragukan kebenaran Dakwah Salafiyyah ini!!!
Dakwah Salafiyyah akan selalu disuarakan oleh Ahlus Sunnah wal Jama’ah, Al-Firqatun-Najiyah, atau At-Thaifah Al-Manshurah pada setiap masa dan dimana pun mereka berada. Dengan keberlangsungan dakwah ini, Allah menegakkan hujjah-Nya atas segenap manusia sampai hari Kiamat.
Dakwah Salafiyyah ini tentunya sangat berbeda
dengan berbagai Dakwah sempalan yang mengajak kepada golongan masing-masing.
Dakwah Salafiyyah tidak pernah mengajak kepada golongan, kelompok, organisasi
tertentu, atau tokoh agama yang jelas tidak ma’shum. Sementara kita bisa
menyaksikan Dakwah-Dakwah yang lain secara beramai-ramai mengajak umat untuk
kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman pendiri atau tokoh
masing-masing. Misalnya:
- Rafidhah mengajak kembali kepada Al-Qur`an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman Abdullah bin Saba’ Al-Yahudy .
- Jahmiyyah mengajak kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman Ja’ad bin Dirham dan Jahm bin Sofwan.
- Asy’ariyyah mengajak kembali kepada Al-Qur`an dan AS-Sunnah sesuai dengan pemahaman Abul Hasan Al-Asy’ary sebelum taubatnya kepada manhaj Salaf .
- Maturidiyyah mengajak kepada Al-Qur`an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman Abul Manshur Al-Maturidy.
- Mu’tazilah (kaum Rasionalis) mengajak kepada keduanya sesuai dengan pemahaman Washil bin Atha’.
- Jama’ah Tabligh mengajak kepada keduanya sesuai dengan pemahaman Muhammad Ilyas.
- Ikhwanul Muslimin mengajak kepada keduanya sesuai dengan pemahaman Hasan Al-Banna, Sayyid Qutb, dan tokoh-tokoh lain yang termasuk dari pentolan mereka.
- Hizbut Tahrir mengajak kepada keduanya sesuai dengan pemahaman Taqiyuddin An-Nabhani.
- Sururiyyah mengajak kepada keduanya sesuai dengan pemahaman Muhammad Surur bin Nayef Zainal Abidin.
Dan demikianlah segenap Dakwah sempalan yang lainnya. Adapun Dakwah Salafiyyah mengajak kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman para Sahabat radhiallahu ‘anhum sebagai generasi terbaik umat ini yang kesepakatan mereka adalah ma’shum. Pemahaman mereka ini telah diwarisi oleh generasi yang terbaik setelah mereka yakni para Tabi’in dan Atba’ut tabi’in.
Dari sisi lain, perbedaan antara Dakwah Salafiyyah dengan dakwah yang bid’ah yaitu Dakwah ini menganjurkan pengikutnya untuk mengambil ilmu dari para ulama salaf yang terpercaya pada setiap masa, baik dengan belajar langsung atau melalui buku-buku mereka. Adapun dakwah bid’ah yang dapat dipastikan kebatilannya, menjauhkan para pengikutnya dari para ulama Salaf. Imam Al-Auza’i rahimahumullah berkata:
عَلَيْكَ بِآثَارِ مَنْ سَلَفَ، وَإِنْ رَفَضَكَ النَّاسُ، وَإِيَّاكَ وَآرَاءَ الرِّجَالِ، وَإِنْ زَخْرَفُوا لَكَ بِالْقَوْلِ
“Ikutilah atsar (jejak) para Salaf walaupun manusia
menentangmu, dan jauhilah logika-logika para tokoh, walaupun mereka
menghiasinya untukmu dengan perkataan (indah yang menipu).” [SHAHIH, HR.
Al-Khatib, Al-Ajurri dan Ibnu Abdil Barr]
Beliau juga berkata:
Beliau juga berkata:
فَاصْبِرْ نَفْسَكَ عَلَى السُّنَّةِ، وَقِفْ حَيْثُ وَقَفَ الْقَوْمُ، وَقُلْ بِمَا قَالُوا، وَكُفَّ عَمَّا كَفُّوا عَنْهُ، وَاسْلُكْ سَبِيْلَ سَلَفِكَ الصَّالِحِ، فَإِنَّهُ يَسَعُكَ مَا وَسِعَهُمْ
“Sabarkan dirimu diatas As-Sunnah, bersikaplah sebagaimana para Salaf bersikap, berucaplah sesuai dengan apa yang mereka ucapkan, tahanlah dirimu dari perkara yang mereka menahan diri, dan melintaslah di atas jalan salafmu yang baik, karena sesungguhnya akan terasa lapang bagimu apa yang terasa lapang bagi mereka”. [HR. Al-Laalika`i, Baihaqi dan Al-Aajurri dengan sanad yang SHAHIH]
Imam Abu ‘Aliyah rahimahullah
berkata: “Ikutilah perkara agama yang terdahulu (dimasa Salaf). Mereka
berada di atasnya sebelum umat ini berpecah belah (menjadi
bergolong-golongan).”
Prinsip-prinsip Dakwah Salafiyyah
Dakwah Salafiyyah adalah seruan
kepada jalan Allah agar manusia mentauhidkan-Nya. Dakwah kepada jalan Allah
merupakan dakwah para rasul ‘alaihimus salam. Allah berfirman:
“Dan tidaklah kami mengutus seorang rasul pun sebelummu (wahai Nabi) melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Aku, maka kepada-Kulah hendaknya kalian beribadah.” (Al-Anbiya’: 25)
“Dan tidaklah kami mengutus seorang rasul pun sebelummu (wahai Nabi) melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Aku, maka kepada-Kulah hendaknya kalian beribadah.” (Al-Anbiya’: 25)
Dakwah Salafiyyah memiliki beberapa
prinsip, sesuai dengan manhaj yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa
sallam, dimana dakwah-dakwah bid’ah yang berkiprah saat ini mesti menyelisihi
salah satu atau lebih dari beberapa prinsip tersebut. Adapun prinsip-prinsip
yang kami maksud adalah sebagai berikut:
1. Dakwah Salafiyyah berdiri diatas ilmu yang haq.
2. Dakwah Salafiyyah berdiri diatas sikap beramal dengan
ilmu.
3. Dakwah Salafiyyah berdiri diatas keikhlasan dalam
berilmu, beramal, dan berdakwah.
4. Dakwah Salafiyyah berdiri diatas perbaikan di berbagai sektor yang fundamental dalam Islam.
5. Dakwah Salafiyyah berdiri diatas kesabaran terhadap
segala cobaan, rintangan, dan gangguan yang ditemui di jalan Dakwah yang agung
ini.
6. Dakwah Salafiyyah berdiri diatas akhlaq karimah yang
terpuji dan adab sopan santun yang mulia.
7. Dakwah Salafiyyah berdiri diatas kesungguhan yang mapan
dan tekad yang kuat tanpa mengenal putus asa dalam menyuarakan kebenaran.
Demikianlah sekelumit tentang
prinsip-prinsip Dakwah Salafiyyah yang agung dan mulia ini. Tentunya, masih
banyak prinsip Dakwah Salafiyyah yang belum kami singgung dalam tulisan ini.
Semoga beberapa prinsip yang telah disebutkan diatas bisa menjadi penyegaran
dan perbaikan bagi keislaman kita pada masa mendatang.
E.
Wajah dan suara Nabi tatkala berkuthbah
Ahli tafsir kenamaan Al-Qurtubi
berkata: “Keindahan Nabi tidak mungkin tampak dengan jelas, karena penglihatan
kita tidak sanggup menatap wajah beliau sepenuhnya.”
Dalam
hadis banyak kita jumpai berbagai riwayat yang menggarnbarkan keindahan bentuk
dan keelokan paras Nabi, Oleh karena itu, kita yakin bahwa Allah
yang Maha Kuasa telah menciptakan beliau dalam sebagus-bagus rupa dan
sebaik-baik bentuk adalah merupakan kesempurnaan iman kita kepadanya.
Imam
Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari sahabat Al-Baara’, bahwa Rasulullah
adalah manusia yang paling indah paras mukanya. Wajahnya laksana matahari yang
memancar, demikian sahabat Abu Hurairah menurut riwayat At-Turmidzy.
Imam
‘Ali R.a, menurut riwayat At-Turmidzy yang lain, dalam menggambarkan
sifat-sifat Rasulullah berkata, bahwa wajah beliau bulat, penuh daya tarik.
Sedang ‘Aisyah berkata: “Bila Rasulullah sedang gembira, maka paras mukanya
bagaikan belahan bulan purnama,” seperti yang diriwayatkan At-Turmidzy.
Abu
Bakar Ashiddiq dan Ka’ab bin Malik, keduanya melukiskan wajah Nabi dengan
kata-kata: “seolah-olah lingkaran bulan purnama.”
Tatkala
Abu Thufail ditanya tentang sifat-sifat Nabi, ia berkata:”Beliau berwajah putih
menarik, berseri bila sedang gembira, bagaikan bulan purnama memancarkan
sinar.”
Dalam
menggambarkan sifat-sifat Nabi, para sahabat sepakat dan tidak beda pendapat,
bahwa beliau mempunyai wajah yang bersinar dan mempesona
Sahabat
Jabir dalam menggambarkan bentuk dan rupa Nabi, berkata: “Wajah beliau bulat
laksana matahari atau bulan purnama.” (Hadis riwayat Muslirn)
Al
Hasan bin ‘Ali meriwayatkan dari Ibnu Abi Halah, bahwa Rasulullah bertampang
muka sangat gagah, berwibawa dan berseri-seri, bagaikan bulan purnama. Demikian
menurut At-Turmidzy.
Tatkala
Jabir Samurah menatap wajah Rasulullah di malam terang bulan, ia berkata: “Aku
memandang wajah Nabi, lalu melihat ke arah bulan, maka bagiku beliau jauh lebih
indah dari bulan yang sedang memancarkan cahaya itu.” (Hadis riwayat AtTurmidzy)
Putra
Rabi’ binti Mua’awwidz, ketika bertanya kepáda ibunya tentang sifat Rasulullah
dijawab: “Aku melihatnya bagaikan matahari terbit,” menurut riwayat Al-Baihaqy.
Ummu
Ma’ad, wanita yang pernah melihat Rasulullah dan belum pernah mengenalnya,
menceritakan kepada suaminya dan berkata: “Aku melihat seorang lelaki, bersinar
tampan mukanya, bagus dan rupawan.” Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al-Hakim
dan Al-Baihaqi.
Seorang
wanita dari suku Hamdan, bercerita dengan bangganya “Aku pernah melakukan
ibadah haji bersama Rasulullah.” Kemudian ia ditanya bagaimana sifat beliau
itu? Wanita itu menjawab singkat: Bagaikan bulan purnama. Belum pernah aku
melihat orang sebagus dia.” Demikan At-Turmidzy meriwayatkan.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
pembahasan di atas, dapat di ambil kesimpulan:
1.
Persamaan
hak antara laki-laki dan perempuan harus di sejajarkan
karena Ilmu pengetahuan merupakan hal yang vital demi mencapai kehidupan
bahagia dunia dan ahirat. Kewajiban perempuan untuk menuntut ilmu pengetahuan
itu seperti para laki-laki. Bahkan dalam penyebaran Ilmu pengetahuan laki-laki
dan perempuan itu sama yang membedakan di sisi Allah SWT. Hanyalah kadar
ketaqwaan hamba semata.
2.
Dalam islam pula tidak dibenarkan mempersulit
masalah dan seolah-olah kaku dalam pengajaran yang menjadikan kesan fanatik
padahal islam adalah agama yang fleksibel yang setiap orang bisa menjalankan
setiap ajaran dan pengetahuan dalam islam karena islam menganjurkan untuk
mempermudah dan tidak mempersulit dalam dakwah dan pengajaran sehingga
masyarakat senang dengan pengajaran yang disampaikan dan tidak membuat
masyarakat menjadi bingung menjalankan syari’at serta pengetahuan dalam islam
hanyakarena adanya sedikit masalah.
B.
Saran
Dalam
berdakwa, kita di wajibkan untuk mengetahui metode-metode atau cara-cara dalam
berdakwa, sehingga kita dapat mengerti dan melaksanakan metode-metode yang
telah kita pelajari.
Metode-metode dakwah khususnya metode hikayah adalah tata cara yang sesuai dalam seorang dai untuk melaksanakan dakwahnya. Oleh sebab itu, para calon dai di haruskan untuk meniru cara ini.
Metode-metode dakwah khususnya metode hikayah adalah tata cara yang sesuai dalam seorang dai untuk melaksanakan dakwahnya. Oleh sebab itu, para calon dai di haruskan untuk meniru cara ini.
Daftar
Pustaka
Muhammad Abu, Bakar, 1998, Hadist Tarbawi 3,
Surabaya: Karya Aditama.
khalid al-‘am, Najib, 2002, mendidik cara Nabi SAW. ,Bandung : Pustaka Hidayah
CD-Rom : Al-Hadist Asy-Syarif :1991-1997, kutubut tis’ah, versi 2 (2000), Global Islamic Software Company.
Al-Ghozali, Ihya' Ulumuddin, Surabaya: mahkota Ilmu. Muhammad Abu, Bakar, 1998, Hadist Tarbawi 3, Surabaya: Karya Aditama.
khalid al-‘am, Najib, 2002, mendidik cara Nabi SAW. ,Bandung : Pustaka Hidayah
CD-Rom : Al-Hadist Asy-Syarif :1991-1997, kutubut tis’ah, versi 2 (2000), Global Islamic Software Company.
Al-Ghozali, Ihya' Ulumuddin, Surabaya: mahkota Ilmu.
khalid al-‘am, Najib, 2002, mendidik cara Nabi SAW. ,Bandung : Pustaka Hidayah
CD-Rom : Al-Hadist Asy-Syarif :1991-1997, kutubut tis’ah, versi 2 (2000), Global Islamic Software Company.
Al-Ghozali, Ihya' Ulumuddin, Surabaya: mahkota Ilmu. Muhammad Abu, Bakar, 1998, Hadist Tarbawi 3, Surabaya: Karya Aditama.
khalid al-‘am, Najib, 2002, mendidik cara Nabi SAW. ,Bandung : Pustaka Hidayah
CD-Rom : Al-Hadist Asy-Syarif :1991-1997, kutubut tis’ah, versi 2 (2000), Global Islamic Software Company.
Al-Ghozali, Ihya' Ulumuddin, Surabaya: mahkota Ilmu.
Ibnu Hamzah Al Husaini Al Hanafi Ad Damsyiqi, di
Terjemahkan Oleh H.M.Suwarta Wijaya,B.A, Zafrullah Salim,Drs., Asbabul
Wurud jilid 1 , Kalam Mulia Cetakan ke Enam : Jakarta 2002
Ibnu Hamzah Al Husaini Al Hanafi Ad Damsyiqi, di
Terjemahkan Oleh H.M.Suwarta Wijaya,B.A, Zafrullah Salim,Drs., Asbabul
Wurud jilid 2, Kalam Mulia Cetakan ke Dua : Jakarta 1999.
Imam Nawawi, Di terjemahkan oleh Achmad
Sunarto, Terjemah Riyadhus Shalihin jilid 1, Pustaka Amani
Cetakan ke Enam : 1999
Muhammad Abu, Bakar, 1998, Hadist Tarbawi 3,
Surabaya: Karya Aditama.
Khalid al-‘am, Najib, 2002, mendidik cara Nabi SAW.
,Bandung : Pustaka Hidayah
CD-Rom : Al-Hadist Asy-Syarif :1991-1997, kutubut
tis’ah, versi 2 (2000), Global Islamic Software Company.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar